Selasa, 31 Desember 2013

Rebo Wekasan

Rebo wekasan? apa pula itu?hahhaa...seumur-umur saya juga baru tau ada yg namanya rebo wekasan :D
Berawal dari rasa penasaran saya yang cukup dalam (hehhee) akhirnya saya memutuskan untuk gugling kesana-sini, akhirnya melek juga yg namanya rebo wekasan itu dlm bahasa jawa artinya rabu pungkasan atau rabu terakhir (dalam bulan Shafar penanggalan hijriyah Islam). Konon katanya sih, di hari rabu terakhir bulan Shafar itu akan turun ribuan balak, musibah, atau bencana (menurut literatur yg saya baca sampai 20.000, 320.000,sampai 360.000 macam~suka-suka hehhee).
Orang-orang yang percaya akan adanya rebo wekasan ini biasanya akan mengadakan ritual2 khusus dalam rangka menolak balak2 tersebut. Bahkan ada yang mengkait2kan dengan doa2 khusus serta sholat2 yang sama sekali tidak ada tuntunannya dalam Islam *sign*
Sebagai orang beriman, tentu saja saya ga percaya akan hal seperti ini. Karena semua bencana yang akan terjadi hanya Alloh saja yang tahu. Jadi masak iya sih, bisa diprediksi datang setiap hari rabu terakhir bulan Safar...apalagi bisa dihitung?!hihhii...
Naaaahh kebetulan, rebo wekasan kali ini bertepatan dengan tahun baru hijriah. Weleh-weleh, bisa dipastikan malam ini bakalan rame dengan orang2 yang ngerayain tahun baru daaaan ngerayain rebo wekasan lah (hah, bagaimana pula ngerayain rebo wekasan itu :D ) Kali-kali aja ada yang mengunjungi gunung apa gitu, ato makamnya siapa buat berdoa yang aneh2.
Yang pasti amalan tersebut tidak ada dalam Al Qur'an dan Sunnah.

"Siapa yang membuat hal yang baru dalam agama ini, yang bukan bagian dari agama maka dia tertolak," (HR.Bukhari, Muslim, Abu daud, dll)

by: palingseru.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar